Selasa, 19 April 2011

Motif dan Corak Kain Tenun















- KAIN BAHAN BATIK KALIMANTAN

 Kain bahan kalimantan, adalah kain asli dan tradisional dari Indonesia, ini bisa di jadikan bahan baju, celana dsb. Kelebihannya kain ini kain sasirangan yang bisa memperlambat panas, jika ada kuntung rokok terkena kain tak mudah terbakar. Tapi bukan anti bakar karena di dunia ini tidak ada yang abadi, tapi setidaknya itulah kelebihan kain ini dengan kain-kain lain.

- SARUNG DANAU TEMPE SULAWESI
  Sarung ini berasal dari Sulawesi dan tenunan, terbuat dari sutra yang memang bukan sutra kepompong yang jangan digunakan oleh laki-laki, tapi ini sarung dari sutra seperti BHS yang memang syah untuk dapakai untuk shalat, sarung ini dicampur dengan serat cendana yang membuat sarung ini terasa dingin atau adem jika dipakai dan tentunya harum cendana.

- SARUNG MAKASAR BULUKUMBA
  Sarung ini berasal dari Makasar asli tenunan tradisional, sarung tenun tentunya berbeda dengan sarung-sarung industri yang banyak dijual dipasaran. Berbeda dari kualitasnya, sarung ini kelebihannya harum jeruk nipis yang jika sarung ini di gosok-gosok maka sarung ini makin harum.

- SARUNG TENUN PANTAI BONE
  Sarung ini beasal dari Pantai Bone Sulawesi. Sarung ini terbuat dari eceng gondok, dan corak dan motifnya khas dan tradisional. Kelebihan sarung ini, yaitu jika terkait aku atau tertusuk paku pada kain sarung ini, tentunya berlubang, untuk itu tinggal di gosok-gosok lagi kain sarungnya pada bagian yang berlubang, maka akan kembali seperti semula.

- SARUNG TENUN LOMBOK
  Sarung ini berasal dari Lombok asli tenun. Sarung ini berbeda dari sarung-sarung Sulawesi dan Makasar, dari bahan yang digunakannya dan tentunya tiap daerah punya kelebihan masing-masing dari segi bahan untuk membuatnya. Sarung ini banyak diminati karena corak dan motifnya yang sedehana dan simple.

- SARUNG BUGIS
  Sarung ini berasal dari Bugis Sulawesi. Sarung ini terbuat dari serat cendana, yang membuat sarung ini selalu harum dan sejuk jika dipakai.

- SONGKET KHAS SULAWESI
  Songket ini beasal dari Sulawesi. Songket ini selain corak dan motifnya yang khas juga bagus dipakainya. Dan songket banyak digunakan untuk acara-acara resmi.



Note : Sebagai bangsa Indonesia yang baik, maka cintailah produk Indonesia. Kain dan sarung ini hanya sebagian dari hasil kerajinan tradisional dan karya-karya dari daerah, untuk itu mari kita perkenalkan bukan hanya di dalam negeri sendiri tapi sampai ke luar negeri juga.



Untuk pemesanan kain dan sarung seperti di atas, bisa menghubungi :
Contact Person : 082 118 378 920

3 komentar: